Online Bootcamp sesi 2 SBIP Kota Depok: Terus Berinovasi dengan Framework Product Development

By Cintantya Salma Salsabila at October 2, 2024
article
Online Bootcamp sesi 2 SBIP Kota Depok: Terus Berinovasi dengan Framework Product Development

Product Development merupakan jantung dari keberlangsungan suatu bisnis. Melalui inovasi yang terus-menerus, perusahaan dapat mempertahankan loyalitas pelanggan yang sudah ada dengan menawarkan produk yang terus relevan dan memenuhi kebutuhan mereka. Lebih dari itu. Product Development juga menjadi kunci untuk menarik pelanggan baru dan memperluas pangsa pasar. Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, inovasi adalah senjata utama untuk membedakan diri dari para kompetitor.

Menciptakan produk baru juga tentang menjaga kesehatan bisnis secara keseluruhan. Produk yang tidak terus diperbarui akan kehilangan daya tariknya di mata konsumen, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan penjualan. Dengan melakukan Pengembangan produk secara proaktif, perusahaan dapat mencegah hal ini terjadi dan memastikan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Inovasi yang tepat waktu dapat menjadi penyelamat ketika muncul kompetitor baru yang menawarkan produk yang lebih menarik.

Product Development dapat dilakukan dengan memodifikasi produk yang sudah ada yang dimodifikasi sesuai dengan tren terkini maupun dengan meluncurkan produk baru yang menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Bisnis  yang ingin mengembangkan produknya harus menjawab persoalan  yang mendasar , yaitu produk baru apakah yang harus ditawarkan kepada konsumen. Perusahaan juga perlu mempelajari faktor-faktor yang mendorong terlaksananya pengembangan produk baru. 

From Idea to Impact:  Product Development and Improvement materi yang telah dibawakan oleh Afina Rahmani sebagai Chief Business Development Officer di PT Agritama Sinergi Inovasi (AGAVI). Seluruh Peserta pada pendampingan yang dilaksanakan pada hari Sabtu (14/9/2024). Dalam sesi online bootcamp tersebut dijelaskan bahwa product Development itu sangat penting untuk keberlangsungan suatu bisnis karena dapat membuat sebuah inovasi baru ataupun mengimprovisasi eksistensi produk sebelumnya, sehingga produk yang dimiliki selalu relevan menjawab kebutuhan konsumen.

 Product Development lebih terfokus untuk memprioritaskan pemahaman mendalam tentang kebutuhan, preferensi, dan masalah pengguna. Pengembang berupaya merancang produk berdasarkan umpan balik dan pengalaman pengguna yang sebenarnya. Product Development merupakan jantung dari setiap bisnis yang ingin terus berkembang dan relevan. Proses ini tidak hanya sekedar menciptakan produk baru, namun juga melibatkan serangkaian langkah sistematis yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan meningkatkan daya saing perusahaan. Proses dalam Product Development umumnya mencakup enam tahap utama, yaitu ideasi, definisi produk, prototyping, validasi, dan komersialisasi.